Kabel Program Motorola Mototrbo Xir M3688

Motorola XIR M3688Radio Motorola Mototrbo Xir M3688 merupakan produk baru untuk pasar Indonesia . Belakangan memang sudah banyak yang menggunakan , baik VHF atau UHF . Radio ini masuk kategori Digital Radio (DMR) atau kalau dari Motorola sendiri menyebutnya dengan MOTOTRBO . Tentang Mototrbo bisa anda search di internet untuk informasi lebih lanjut…

Dalam artikel kali ini saya hanya ingin berbagi tentang cara pembuatan kabel Programmnya . Kabel Program Radio ini tergolong susah di cari di indonesia ,  ya kalaupun ada harganya cukup mahal ..atau anda bisa cek di ebay harganya sekitar USD35 belum termasuk ongkirnya .

cable program xir m3688 , CM200d

Pemrograman Radio ini melalui konektor mic yang ada di depan ,Menggunaka kabel RJ50 10Pin Bukan RJ45 8Pin . Nah..Kendalanya ada di socket RJ50 …Cari ke mana-mana gak dapat,  di Bukalapak atau Tokopedia juga gak ada yang jual .  Akhirnya konektor RJ45 di oprek-oprek agar bisa digunakan …langsung aja lihat skematiknya dan gambarnya……

usb pin outkabel xir m3688 (1)

Pembuatan Kabel ini , cukup sediakan Kabel Usb ..Bekas gak apa-apa . Dan Konektor RJ45 .

Konektor RJ45 mempunya 8pin, sehingga perlu penambahan pada sisi kiri dan kanan , Penambahan kaki tersebut saya menggunakan kawat bekas kaki komponen yang saya lem dengan Alteco ,ujungnya disolder untuk di hubungkan ke kabel USB .

Kabel ini tidak perlu tambahan komponen Lain , jadi langsung di hubungkan USB ke RJ45 Modif ….CUKUP mudah kan …

Untuk Software saya menggunakan CPS versi 11.2 (BUILD 604)

kabel xir m3688 (2)kabel xir m3688 (4)kabel xir m3688 (5)kabel xir m3688 (8)

Mototrbo cps

Selamat Ber experiment  , All The Best to You , 73

NB : Semua Hasil Experiment sudah saya test dan Berjalan Lancar , Saya tidak Bertanggung jawab Apabila terjadi masalah pada Radio anda ketika  anda berexperiment pada pembuatan kabel Di atas .. thanks.

 

9 Responses to Kabel Program Motorola Mototrbo Xir M3688

  1. tri says:

    terima kasih gan atas pencerahannya, boleh minta link cps nya gan kalau ada ?
    soalnya saya sudah coba , kabel ok tapi muncul error region not supported

  2. Lukman says:

    Mantap….ilmunya…. Bisa minta cps om…

  3. Mul says:

    Mantep Bos panduan kabel programnya berhasil dengan baik. Tapi ada 1 radio yang error #1027 dia gak support codeplay nya, beda firmwarenya, bagaimana solusinya bos ? harus upgrade software atau firmwarenya ?

    thanks infonya.

  4. Mul says:

    Oke deh, thanks informasi kabelnnya sangat membantu sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *